Peresmian IA-ITB Komisariat Swedia

Updated: Sep 4



Minggu, 22 Agustus 2021, telah diresmikan Ikatan Alumni ITB Komisariat Swedia oleh Ketua Umum IA-ITB Pengurus Pusat, Gembong Primadjaja (MS’86) dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Swedia merangkap Latvia, Kamapradipta Isnomo.


Di pertemuan ini, Dubes Kama mengingatkan hadirin mengenai sejarah panjang ITB dan kiprah alumninya sejak almarhum Bung Ir. Soekarno, Ir. RM. Soetoto (yang ternyata kakek pak Dubes), dan rekan-rekan "inlander" insinyur lainnya angkatan 20, generasi paling awal cikal bakal ITB, Technische Hoogeschool te Bandoeng. Tak lupa juga disampaikan bagaimana peranan alumni ITB dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, tidak hanya berjuang secara fisik, namun juga berdiplomasi secara handal dalam berbagai kesempatan seperti di Konferensi Meja Bundar dan menasionalisasi KLM-IIB menjadi Garuda Indonesia.


Melalui pertemuan secara daring, peresmian ini dihadiri oleh 47 partisipan, termasuk di antaranya sesepuh dosen ITB Utoro Sastrokusumo (EL-59), Menko Hukum dan Diaspora IA-ITB Hariyono Kribo (IF’85), Menteri Luar Negeri dan Diaspora IA-ITB Ari Indarto (MS’90), Perwakilan IA ITB Belgia, Singgih Cahyono (IF’94), Perwakilan IA ITB Inggris, Fauzan Adziman (MS’99), Ketua Ikatan Alumni Swedia (IAS), Dothy (TI’90), Perwakilan Business Sweden, Firman Ardiansyah (FA’98), Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Swedia, I Putu Alit Putra, dan perwakilan Indonesian Professional in Sweden (IPS), Audinisa Fadhila (TL’10), beserta IA ITB Pengurus Komisariat Swedia dan sebagian anggota.


Berikut ini adalah kepengurusan IA ITB Swedia tahun 2021-2022:

1. Ketua: Godfried Lewerissa (EL’87)

2. Wakil Ketua: Rahmat Mulyana (EL'98)

3. Sekretaris: Sahilaushafnur Rosyadi (EP'12)

4. Bendahara: ii Ratna Yanti Kosasih (GM'02)

5. Organisasi: Basuki Endah Priyanto (EL'94)

6. Program: I Putu Banitama Supartha (EL'07), Rabbani Bagaskara (KL'13)

7. Media: Ina Rahmadianti (EL'03), Iqbal F. Surahman (GD'13)

8. Relasi: Indra Gunawan (EL'01), Kiki Rizki (EL'06)

9. Keanggotaan: Julie Riyanti Teresa (TI'09), M. Reza Fachrizal (EP'10)


Ke depannya, IA ITB Komisariat Swedia diharapkan dapat menjadi wadah bersilaturahmi bagi Alumni ITB yang berada di Swedia, sebagai katalis dan pembuka peluang untuk Alumni ITB agar dapat berkiprah di berbagai industri di Swedia, baik akademisi maupun praktisi, juga berjejaring dan berkolaborasi dengan sesama alumni dari berbagai organisasi lainnya yang relevan. Dengan tujuan utama agar dapat berkontribusi optimal, khususnya untuk almamater ITB dan Indonesia, umumnya bagi dunia yang lebih baik.





96 views0 comments